WHAT'S NEW?
Loading...

Ukhuwah Islamiyah



Ukhuwah Islamiyah

________________________________

" Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan istrinya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan (silaturrahim). Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. " ( An-Nisa (4) : 1 )
_______________________________
Mungkin kalimat di atas tidak lagi sering kita pikirkan, bahwa kita semua berasal dari keturunan yang sama, keturunan Nabi Adam a.s dan Siti Hawa . Masing-masing kita adalah saudara satu sama lain, yang tidak boleh saling bercerai berai . Islam menjunjung tinggi persaudaraan, layaknya sholat yang menjadi tiang agama .
" Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya bagaikan satu baangunan, satu sama lain saling menguatkan " ( HR. Bukhari dan Muslim )
Mari kita ingat sebuah kisah yang mungkin kita pernah baca, diceritakan bahwa pada suatu hari Nabi Muhammad saw hendak memulai suatu majelis. Sebelum majelis tersebut Rasulullah menanyakan ada atau tidaknya diantara para hadirin yang memutuskan tali silaturahmi , dimana orang tersebut haruslah berdiri dan meninggalkan majelis . Seorang hadirin kemudian berdiri dan meninggalkan majelis , kemudian ia kembali . Ternyata hadirin tersebut menemui bibinya yang telah memutuskan tali silaturahmi dengannya, ia menceritakan sabda rasulullah kepada sang bibi, dan bibinya kemudian meminta ampun atas dirinya . Setelah itu kembali Rasulullah bersabda , bahwa tidak akan turun rahmat Allah kepada suatu kaum, jika kaum tersebut memutuskan tali silaturahmi antar sesamanya .
Kisah tersebut sesuai dengan firman Allah Swt dalam surah Al Hujurat ayat 10 , yanga artinya "sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu, dan bertawaqalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat "
Ingatkah pada salah satu hadist riwayat Muslim yang mengibaratkan kasih sayang antar umat muslim bagaikan satu tubuh, yang apabila sakit salah satu anggota tubuhnya, maka akan sakit pula lah anggota tubuh yang lain .
Sebenarnya ada banyak hadist dan firman Allah tentang silaturahmi yang tidak bisa saya sampaikan seluruhnya, karena keterbatasan pengetahuan . Mungkin kita bisa sama-sama mengingat salah satu atau beberapa hadist ataupun firman Allah tentang menjaga silaturahmi ini .
Bukanlah sebuah hal yang sulit ataupun mustahil untuk menjaga silaturahmi, kita bisa saling bertukar salam jika bertemu sembari berbagi senyuman . Dan di jaman modrenisasi ini bukan tak mungkin kita saling bersapa melalui media sosial ataupun alat komunikasi yang semakin canggih seiring berjalannya waktu .
Dalam kebiasaan Rasulullah menjaga silaturahmi yakni saling bersalaman dan menunjukan wajah bahagia , dengan mengucapkan rasa cinta kita sesama muslim ( ini saya artikan sebagai saling mengucapkan salam " assalamu'alaikum wr.wb " , yang merupakan sebuah do'a ) .
Bentuk-bentuk lainnya , yakni saling berkunjung, saling mengucapkan selamat (berempati), saling memberi hadiah, saling memafkan dan saling membantu . Tak perlu memberikan hadiah sebuah perhiasaan atau mobil mewah, tetapi berilah sebuah hadiah yang akan menyenangkan kerabatmu . Hadiah itu sendiri dalam HR. Thabrani dikatakan mampu mewariskan cinta dan menghilangkan kekotoran hati .
Selain ganjaran tidak mendapatkan rahmat Allah Swt bagi seseorang yang memutuskan tali silaturaahmi, ada ganjaran lain yang bisa dilihat dalam Surah Muhammad ayat 22 - 23 , tentang la'nat Allah bagi orang-orang yang memutuskan kekeluargaan . Rasulullah sendiri juga pernah bersabda bahwa pemutus tali silaturahmi tidak akan masuk ke dalam surga .
Jadi apa keputusan kita ?

Diam dan tetap acuh pada keluarga yang mengabaikan kita ? atau memilih menjadi penjaga silaturahmi yang haqiqi , dengan menyambungkan tali silaturahmi kita yang diputuskan ?
Hanya diri kita dan sang penciptalah yang tau 
smile emotikon

__________________________
salam ukhuwah ^o^)/

yossy
__________________________

0 komentar:

Posting Komentar