WHAT'S NEW?
Loading...

Book: Sungkyunkwan Scandal

Novel Sungkyunkwan Scandal 1 dan 2 Dokumentasi Penulis Ciamis, 25 Mei 2015 dan  Depok, 13 April 2015


Judul Buku: Sungkyunkwan Scandal 1
Penulis: Jung Eun Gwol
Penerbit: Noura Books
ISBN: 978-602-9498-55-4
Cetakan: Pertama (Oktober, 2012)
Tebal: 429halaman+cover

Blurb:

Sejak kecil aku selalu berandai-andai kalau aku terlahir kembali, aku ingin menjadi pria.

Korea, abad ke-18, Dinasti JOseon

Sejak kecil Kim Yoon-Hee tidak suka melakukan kegiatan yang biasa dilakukan gafis seusianya. Dia lebih memilih belajar filsafat dan politik ketimbang merajut atau memasak. Setelah ayahnya meninggal dunia, Yoon-Hee berusaha membantu perekonomian keluarga dengan bekerja serabutan. Namun, karena pada masa itu perempuan tidak diperbolehkan sekolah atau bekerja, Yoon-Hee pun menyamar menjadi pria.

Saat Yoon-Hee tergiur sebagai joki ujian, yang meski ilegal tapi menghasilkan banyak uang, dia nekat ikut Ujian Negara dengan menggunakan nama adik laki-lakinya, Kim Yoon-Shik. Ternyata tak hanya berhasil lulus, Yoon-Hee pun bisa berkuliah di Sungkyunkwan dan bahkan dipuji langsung oleh kaisar karena kecerdasannya. Setelah tinggal di Asrama Sungkyunkwan yang penuh kaum adam, Yoon-Hee harus semakin berhati-hati. Jika samarannya terbongkar, maka dia dan keluarganya terancam hukuman mati.

Diwarnai kisah-kisah humoris dan romansa klasik Korea, novel ini akan membawa Anda ke dalam dunia Sungkyunkwan di era Joseon yang penuh intrik.

------------------------------------------------------

Judul Buku: Sungkyunkwan Scandal 2
Penulis: Jung Eun Gwol
Penerbit: Noura Books
ISBN: 978-602-9498-56-1
Cetakan: Pertama (Mei, 2013)
Tebal: 399halaman+cover

Blurb:

Aku selalu bersamanya. Bahkan, di dalam benak pun, dia selalu bersamaku. Bagaimana sebaiknya kuatasi perasaan terlarangku yang semakin lama semakin nyata ini?

Korea, abad ke-18, Dinasti Joseon

Sebuah skandal menghebohkan seantero Sungkyunkwan. Yoon-Hee terjebak dalam dilema. Jika dia menceritakan hal yang sebenarnya, maka dia akan mencelakakan Geol-Oh, sahabatnya. Sementara jika dia diam saja, harga dirinya akan jatuh. Orang-orang yang selama ini tidak suka dengan Yoon-Hee pun memperpanas suasana dan membuat Yoon-Hee semakin terpojok.

Kegalauan Yoon-Hee ditambah dengan terbongkarnya identitas dirinya sebagai perempuan oleh pria yang disukainya, Seon-Joon. Awalnya, dia marah karena merasa ditipu oleh Yoon-Hee, rasa cintanya kepada Yoon-Hee membuatnya luluh dab mereka pun menjalin hubungan diam-diam.

Di tengah kepelikan kondisi perpolitikan Joseon dan keriuhan persiapan ujian akhir Sungkyunkwan, mampukah Yonn-Hee mempertahankan kisah cintanya tanpa membongkar rahasia besarnya?

-------------------------------------------------------

Penghargaan untuk Drama Televisi Sungkyunkwan Scandal

- Bronze Worl Medal for Best Mini Series, New York International TV & Film Festival 2012
- Outstanding Korean Drama 6th Seoul International Drama Awards 2011


Novel karya Jung Eun Gwol yang juga sudah diangkat menjadi Drama Korea yg cukup terkenal.



selama ini saya berfikir bahwa Jung Eun Gwol merupakan seorang lelaki, ternyata beliau adalah seorang perempuan.



setelah menonton drama korea-nya, saya tertarik membeli novel-nya, terlebih lagi karena saya rindu dengan filmnya.
Meski berbeda dengan kisah pada drama-nya, tapi itu tak membuat saya kecewa.
Baik drama maupun novelnya punya kisah yang samasama menarik, walaupun bagi saya pribadi novelnya lebih punya poin plus.

Perbedaan mencolok antara novel dan drama-nya terdapat pada keberadaan Peninggalan Kaisar sebelumnya yang menjadi salah satu konflik pada versi drama-nya, sementara pada novel hal tersebut tidak disinggung sama sekali.

Selanjutnya Yong Ha yg pada drama ternyata bukanlah bangsawan, pada novel dia benar-benar bangsawan hingga akhir, dan bersama dengan Moon Jae Shin, Lee Seon Joon dan Kim Hyun Shik mereka lulus dari Sungkyunkwan dan mendapatkan posisi di pemerintahan.

selanjutnya Moon Jae Shin yang pada drama dikenal alergi wanita (sering cegukan) pada Novel dia tidak alergi sama sekali.

Ketua senat sungkyunkwan yg pada drama merupakan kakak Hyo Eun dan sangat membenci Seon Joon dan Yoon Shik tidak ada pada novel, yang ada hanya sepupu Hyo Eun, ketua Asrama Barat yg bijaksana.

terakhir Choseon, seorang gisaeng yg menjadi bawahan menteri perang, ayah Hyo Eun dan juga menjadi Hyong Bukseo (?) pada novelnya tidak demikian, Choseon tetap gisaeng tanpa tuan hingga akhir cerita.

memang masih ada beberapa perbedaan lain, tapi tidak mencolok, hanya berupa perbedaan kondisi penceritaan namun tetap pada konsep yg sama (?)


0 komentar:

Posting Komentar