WHAT'S NEW?
Loading...

Book : My Name is Kim Sam Soon


Judul Buku : My Name is Kim Sam Soon
Penerbit : Haru
Penulis : Ji Su Hyun
ISBN : 978-603-98335-9-8

_________________________________________________________________________________

Blurb

Bagi wanita berusia 30 tahun lebih mungkin terkena ledakan bom daripada menemukan pria yang tepat

Meski beratku naik 12kg setelah pacarku memutuskanku malam Natal tahun lalu, namun wajahku tidak jelek. Pekerjaanku juga cukup baik. Dan yang terpenting, aku masih berumur 29 tahun! Aku harus semakin banyak mengikuti acara perjodohan. Sore ini aku akan bertemu seorang pria di sebuah kedai kopi hotel.
Benar jika sudah 30 tahun, putus sudah harapan untuk mendapat kekasih!

-Kim Sam Soon-

Wanita itu benar-benar jorok. Ia juga tampak sangat menyedihkan. Dan coba tebak apa yang ia lakukan sejak ditinggal teman kencannya sore tadi ? Wanita itu berjalan tak tentu arah selama tiga jam-memakai sepatu hak tingginya dengan terpincang-pincang, lalu duduk sendirian di pojangmacha dan memakan apa saja seperti binatang kelaparan.

-Jang Do Young-

_________________________________________________________________________________

Novel yang telah difilm-kan ini dengan judul alternative My Lovely Sam Soon ini membawa nama aktornya Hyun Bin melejit di dunia acting. Jujur saja saya belum pernah menonton filmnya. Saya hanya membaca beberapa artikel tentang film ini usai membaca novelnya.




Novel ini saya dapatkan dari koleksi pibadi (kolpri) milik seseorang. Novel yang diterbitkan oleh Haru ini cukup menarik, meski tema cerita cinta nya mungkin terkesan mainstream. Kekurangan dari novel ini menurut saya hanya kesalahan pada spasi-nya. Banyak terdapat kesalahan pengetikan akibat tidak adanya spasi yang diberikan. Meski tidak menibulkan dampak salah paham dalam membaca, namun itu cukup mengurangi estetika karena banyaknya pengulangan kesalahan yang dilakukan.

Saya suka dengan kisahnya, entah bagaimana saya dapat merasakan perasaan Sam Soon saat itu. Terlebih ketika memasuki bagian dimana Sam Soon dan Do Young mulai merasa saling mencintai, namun disisi lain Jang Do Young masih belum meyakini perasaannya, karena Yoo He Jin dari masa lalu nya masih belum dapat ia lupakan. Mungkin karena efek galau, sakit Sam Soon ber-efek kuat terhadap saya. Jadi sebaiknya jangan dibaca dalam kondisi galau ya…
Nanti bisa-bisa anda tidak dapat tidur semalaman akibat menangis dan bangun kesiangan dengan wajah buruk esok paginya. (ugh, berlebihan).

Kutipan favorit saya dalam novel ini…

Pasti ingin bertemu dengan pria yang ditakdirkan untukku,
Meskipun hanya satu hari, meskipun hanya dalam mimpi,
Aku tak suka hanya memikirkannya,
Andaikan pria-pria terjatuh seperti hujan malam hari ini di jalanan.
(Bubble Sisters)

Saat kau mengatakan kau suka padaku, sejujurnya aku sangat takut hal itu hanya guyonanmu.
-Kim Sam Soon

Meskipun belum pernah menonton filmnya, dimana saya hanya membaca cepat rangkaian synopsis per episode dari film ini. Saya dapat mengatakan  bahwa terdapat sangat banyak perbedaan antara novel dan filmnya, dimulai dari nama karakter utama laki-laki yang berbeda, perwakan yang berbeda, dan hal-hal lainnya yang juga tak sama. (Maaf tak dapat menyebutkan secara mendetail).

Namun, bagi saya pribadi, novelnya lebih baik dibandingkan dengan filmya yang saya rasa terlalu banyak dibumbui. Sehingga kisah dengan takaran pas pada novelnya menjadi sedikit tidak stabil. Well, saya tidak ber-hak untuk mengomentari lebih banyak tentunya, terlebih saya belum menyaksikan langsung film tersebut.

Sekian dari saya …

0 komentar:

Posting Komentar