WHAT'S NEW?
Loading...

DARE to DREAM, READY to LEAD


Pada tanggal 21 Mei 2016 lalu, IYOIN LC Tanggerang (Indonesian Youth Opportunities in International Networking)mengadakan Fisrt Online Lecture via Whatsapp mengangkat tema "DARE to DREAM, READY to LEAD".
Narasumber pada online lecture kali ini adalah Janu Muhammad M.Sc 
(Urban and Economic Geography Utrecht University, Netherland)

Berikut saya akan membagikan notulensi nya,
Hak Cipta : IYOIN LC Tanggerang
oleh : Dwi OL

NOTULENSI OLEC #1 IYOIN LC Tangerang

Sabtu, 21 Mei 2016

"Dare to Dream, Ready to Lead"

Janu Muhammad (awardee LPDP di Utrecht University, Belanda)


🎙PERKENALAN 🎙


Janu Muhammad atau biasa dipanggil Janu, berasal dari Sleman dan menjadi lulusan terbaik Departemen Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini, beliau sedang dalam persiapan keberangkatan Beasiswa LPDP untuk S2 di Utrecht University, Belanda. Beliau merupakan alumni YSEALI Academic Fellowship di Arizona State University, US. Selain itu, beliau juga merupakan pendiri Karung Goni Learning Center yang merupakan taman baca dan tempat belajar gratis untuk anak-anak di Sleman.


__________________________________________

📚 MATERI 📚


1.) Apa beasiswa LPDP itu?

😊LPDP ini adalah lembaga beasiswa pemerintah RI dari Kementerian Keuangan (namun sekarang ada Kemdikbud, Kemenag, dan Kemenristek juga bergabung) yang mengelola BSI.



Kalau teman-teman pernah masuk web www.lpdp.depkeu.go.id visi LPDP adalah mencetak pemimpin masa depan sesuai bidang strategisnya.


Ada beberapa skema beasiswa LPDP : Magister, Doktoral, Dokter Spesialis, dan untuk Riset.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.



Sasaran pelamar BPI Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.



Apa saja ya bidang yang menjadi prioritas? Ada Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran, Sosial, dan bidang relevan lainnya.



Untuk informasi tambahan, sudah lebih dari 5000 orang disekolahkan di dalam dan luar negeri dengan beasiswa LPDP (semua dicover).


Demikian sekilas tentang LPDP.


2.) Alasan utama memilih berkuliah dengan beasiswa LPDP ke luar negeri?



Pertama, kenapa kuliah ke luar negeri? Banyak alasan sebenarnya.

Menurut saya karena secara kualitas, pendidikan di luar negeri itu lebih unggul karena didukung riset yang bagus. Tapi, tidak semua univ di luar masuk list LPDP. 



Lalu mengapa pilih LPDP? Jujur saja, saya akan lebih PD jika beasiswanya dari Indonesia. Selain itu, LPDP menanggung SEMUA biaya yang kita perlukan. Ada sekitar 15 Triliun dana abadi yg dimiliki LPDP. Uang kuliah, biaya hidup, riset, dll semua dibiayai. Bagi yang berkeluarga, juga akan dapat tunjangan.



Tapi ingat, ini uang rakyat. Jadi harus amanah ;) *jalan-jalan ke LNnya jangan banyak-banyak


3.) Lalu kenapa memilih Utrecht sebagai tempat kuliah dan terutama Belanda sebagai negara tujuan?


Utrecht University

Studi di sana menjadi mimpi saya karena jurusan yang saya pilih spesifik (Urban and Economic Geography). Kedua, Belanda menjadi 'kiblat' ilmu Geografi, terutama di Utrecht. Reputasi dan risetnya bagus. Saya ambil M.Sc by research btw. Ketiga, home sweet home. Kedekatan kultur Belanda dengan Indonesia.



Belanda itu khas, orang-orangnya inovatif, risetnya berkualitas, dan nomor 7 di dunia untuk kualitas pendidikannya.



Temukan jurusan teman-teman disini ya. 



Kemanapun teman-teman kuliah nanti, pastikan itu pilihan terbaik kita. Bukan ikut orang lain.

Studi di Belanda


4.) Apa saja persiapan sebelum melamar beasiswa LPDP?




Apply LPDP, yuk siapkan aplikasinya.  Gambar di atas adalah step by step ketika saya daftar LPDP. 



Yang jelas, syarat-syaratnya harus disiapkan dulu.



Apa saja itu? WNI, sudah lulus S1, punya karakter yang dicari LPDP (kepemimpinan, profesional, integritas, dll), aktif dalam kegiatan masyarakat, juga yang penting akademik bagus, IPK di atas 3, dan ada bukti kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS). Untuk ke LN, TOEFL minimum 550/ IELTS 6.5. Dan untuk DN TOEFL minimal 500 dan IELTS 6.

Oya ada yang lupa, LPDP dibagi jadi dua: Reguler dan Afirmasi (alumni Bidikmisi, 3T, kurang mampu, dan berprestasi). Yang membedakan hanya di IPK dan TOEFL. Kalau Afirmasi minimun skornya 400.


5.) Berdasarkan pengalaman Summer School di Utrecht, bagaimana suasana belajar dan kehidupan di sana? Terutama ketika dihadapkan pada perbedaan bahasa.



Saya sangat nyaman ketika kuliah singkat di sana. Terutama suasana pembelajaran yang nyaman. Dosennya friendly. Sekitar 95% orang Belanda fasih in English. So, ini juga jadi alasan saya kenapa pilih kuliah di Belanda. Kalau beda bahasa sih solusinya ya pakai bahasa Inggris, yang penting PD aja kalau speak up in English.


6.) Merujuk pada tema OLEC #1 "Dare to Dream, Ready to Lead", apa yang hendak disampaikan lewat tema OLEC ini?



Jika kita berani bermimpi, kita juga harus berani menjemputnya. Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada adalah usaha yang masih sedikit. Bermimpi tinggi itu tidak cukup, perlu kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas disertai doa. Pemuda hari ini adalah investasi masa depan untuk Indonesia. Merantaulah untuk menimba ilmu dan kembali ke tanah air untuk mengabdi.


_______________________________________


📲 SESI TANYA-JAWAB 📲



1⃣ Muchlis-Unnes-Semarang


Pertanyaan:

1. Kalau dilihat dari CV Kak Janu kan banyak kegiatan banget, tapi bisa bersanding dengan KGLC. Bagaimana itu Kak menyeimbangkan antara kuliah, prestasi, dan KGLC. Dan motivasi apa agar semuanya bisa berjalan?

2.) Kak Janu ambil Urban Geography and Economy ya? Di Belanda kan banyak studi tentang URBAN gitu, saya tertarik juga. BEDANYA antara Urban gmGeography, Urban Environment, Urban Planning, dan Urban yang lainnya apa?



... Halo, terima kasih atas pertanyaan Muchlis.

1.) Iya saya biasanya buat list schedule harian. Kuncinya adalah hargai setiap detik yang ada. Tambahan, pentingnya manajemen waktu sedari muda.
2.) Urban Geography adalah bagian dari Geografi manusia, yang dipelajari adalah interaksi masyarakat dengan dimensi spasial/ keruangan. Kalau Urban Planning lebih ke tekniknya.

Tambahan, pentingnya manajemen waktu sedari muda.



2⃣ Keumala Hafni Munthe-Medan

Pertanyaan:

1.) Apa tips kakak mendapatkan beasiswa LPDP? Dimulai dari tahap administrasi sampai tahap wawancara

2.) Apa saja rintangan yang Kak Janu rasakan selama memperjuangkan LPDP dan bagaimna solusinya?

Terima kasih.



... 
1.) Tipsnya: lengkapi syarat yang diminta dengan baik. Target awal adalah lolos administrasi dulu ya teman-teman. 


Itu tulisan saya. Selengkapnya ada di blog www.muhammadjanu.blogspot.com 
Untuk wawancara, be confident and natural. Persiapkan dengan baik, pelajari apa yang ditulis di esai 'Peranku untuk Indonesia' dan juga rencana studi. 
2.) Kalau soal rintangan sih sebenarnya dari diri kita, tentang konsistensi untuk berjuang. Jangan pantang menyerah.  Kalau skor TOEFL masih rendah ya belajar keras. Jika memang benar-benar mau menjemput beasiswa LPDP, mari memantaskan diri.
Ibarat teori kupu-kupu. Ada dua kupu-kupu, yang A dan B lomba terbang dari start yang sama. Nah si kupu-kupu A terbang sendiri. Tapi kupu-kupu B lihat ada mobil yang sedang melaju dan nebeng di sana. Siapa yang akan sampai duluan?
Jawabannya B. Mobil tadi adalah lingkungan teman-teman. Maka mulai sekarang sering bergabung dengan mereka yang semangatnya lebih tinggi dari kita.
Tidak ada hasil maksimal tanpa usaha keras dan doa.


3⃣ Anggra

Pertanyaan:

1.) Kak digambar yang dipost Kak Janu itu ada 2 pilihan buat sekolah ke LN. Kakak kan pilih yg dapet scholarship dulu baru daftar ke universitasnya. Gimana kalo kemungkinan terburuk udah lolos beasiswa tapi ternyata gak bisa masuk di universitas yang kita pengen?



... Baik, pertanyaan bagus dari Anggra.
Nah LPDP memberi waktu 1 tahun agar kita dapat LoA (Letter of Acceptence). Sesuai list di daftar univ versi LPDP yang top 200 dunia. Kalau bisa, daftarlah di lebih dari 1 univ ya. Kalau ternyata udah lebih dari setahun belum dapet univ, maka beasiswanya gugur. Semoga tidak terjadi dengan kita.


4⃣Irsalina Layalia Shabrina-UNS

Pertanyaan:

1.) Tadi kan Kak Janu pernah Summer School di Belanda, itu gimana ya cara ikutnya? Persyaratan apa saja yang dibutuhkan? Dapat info dari mana tentang SS di Belandanya?

2.) Apakah memiliki sertifikasi bahasa Belanda membuat kesempatan untuk menerima beasiswa di Belanda semakin besar?



... Halo Irsalina dari UNS. 

1.) Summer School di Belanda adalah pertama kalinya saya ke LN. Pertama kalinya saya naik pesawat. Silakan buka link www.utrechtsummerschool.nl

Saya dapet info karena rajin googling di internet ;) Kalau nanti ada waktu silahkan mampir ke blog, postingan Juli 2013. 

2.) Di Belanda itu rata-rata in English, bahasa Belanda tidak jadi syarat. Kecuali program khusus yang bahasa pengantarnya bahasa Belanda. Jadi tidak menjamin sih dapet beasiswa LPDP. Yang penting syarat skor TOEFL/ IELTS memenuhi.

5⃣ Akbar-Teknik Elektro-UNJ

Pertanyaan:

1.) Mau bertanya tentang poin integritas itu kak, kriteria seperti apa sih yang menunjukkan bahwa seseorang itu memiliki integritas?



... Buat Mas Akbar ya.
Teman-teman yang baik, integritas itu amat penting. Karena dari apa yang kita ucapkan, seharusnya kita pun melakukannya. 

Analoginya seperti ini. Ketika Anda naik motor dan melewati lampu merah di siang hari, pasti berhenti. Bagaimana jika pas malam hari, sepi, dan gak ada Polisi? Inilah ujian integritas. Tanda-tanda kita sendiri yang dapat merasakan. Kalau dalam hal pekerjaan, ya tercermin dalam sikap jujur, terbuka, dan bertanggung jawab. Ketika kita berbuat baik, tidak perlu ingin dilihat orang lain. Pas orang lain tidak melihat kita pun, kita tetap berbuat baik.


6⃣Fitria Indah Sari Siregar-UMM-Farmasi

Pertanyaan: 
1.) Ketika Kak Janu sampai di Utrecth, apakah di sana sudah ada yang menanti seperti anggota oraganisasi atau hanya Kak Janu sendiri dalam menjalani kehidupan di sana dalam menerima beasiswa tersebut?

2.) Bagaimana anak yang kurang mampu dapat menyelesaikan semua persyaratan beasiswa, contohnya tes TOEFL. Tes tersebut membutuhkan biaya yang lumayan, sedangkan dia tidak mampu, jadi bagaimana cara untuk mengatasinya kak?



... Halo Fitria, 

1.) Dulu pas 2013 saya benar-benar mbolang. Tapi sekarang sudah ada penjemputan dari PPI Belanda biasanya. 

2.) Kalau bagi yang Afirmasi kurang mampu, akan ada fasilitas Pengayaan Bahasa TOEFL/ IELTS dari LPDP. Dan itu gratisssss. Saya pun dapat, karena saya termasuk Afirmasi kurang mampu-prestasi. Kursus saya di ITB, tiap bulan ada uang saku juga. Alhamdulillah LPDP baik banget pokoknya.


7⃣Chandra-Universitas Negeri Yogyakarta 

Pertanyaan

1.) Halo mas Janu, semoga masih inget sama saya. Begini mas, saya kan sudah di penghujung wisuda, sedangkan saya rasa CV saya belum sedahsyat punya mas Janu. Apa sih yang bisa saya lakukan lagi untuk menambah pengalaman dan tentunya entri di CV di masa studi yg sudah berakhir ini? 

2.) Misalkan saya ikut afirmasi tapi nilai TOEFL saya sudah 600an apakah masih harus ikut pengayaan bahasa? Thanks dan semangat mas Janu :) Sukses terus semoga bisa bertemu lagi.



... 1.) Teman-teman tidak perlu berkecil hati. Semua orang itu unik dan punya kelebihan. Jika sudah menemukan passion, salurkan untuk kebermanfaatan, misal di komunitas. Aktiflah, LPDP mencari pemimpin. Bukan sembarang org lho. CV bukan penentu lulusnya teman-teman di LPDP, masih banyak aspek lain.

2.) Kalau TOEFL sudah 600, jelas tidak perlu pengayaan bahasa. Itu hanya diperuntukkan bagi yang skornya dibawah 550.

Sebaiknya biasakan menuliskan mimpi dan melampauinya satu per satu.



8⃣ Wildan Ruskamila-UMM

Pertanyaan

1.) Kak, setahu saya yang keterima LPDP adalah mereka yang mendirikan suatu organisasi. Apakah kami yang hanya sebatas staf atau anggota organisasi peluang nya lebih kecil? Terima kasih.



... Halo Wildan, pertanyaan bagus.

Tidak harus jadi ketuanya. Di posisi apapun kita, jika itu menuai manfaat positif maka itulah yang diharapkan. Tidak perlu jadi ketua NGO tingkat nasional dulu buat daftar LPDP. Kita jadi pengurus remaja Masjid pun boleh banget. Ingat, be natural. Jangan sampai karena ingin dapet LPDP malah kita terkesan membuat-buat aktif di organisasi dalam waktu singkat demi memenuhi CV. 

Semua sudah ada prosesnya, semoga teman-teman senantiasa dilancarkan.
Beliau Inspirasi Saya

9⃣ Maula QA-Unnes

Pertanyaan:

1.) Dari data prestasi yg disampikan moderator, ternyata banyak sekali prestasi yang telah kakak raih baik dalam maupun luar negeri. Saya mau bertanya apakah semua prestasi itu sudah kakak impikan sebelumnya/ sudah ada target untuk mencapai prestasi itu? Mohon sedikit cerita tentang perjalanan memperoleh prestasi tersebut. Terima kasih.



... Halo Maula.

Life is a journey. Setiap awal tahun pasti kita membuat resolusi, betul? Nah, coba kita mau berjuang untuk memberi manfaat. Tropi dll hanyalah bonus. Prestasi itu manfaat untuk orang lain. Kita berani bermimpi. Kita berani mewujudkannya.



Beberapa tulisan saya https://m.facebook.com/notes/?id=1552489082
fb : Janu Muhammad


_______________________________________


🔖 KALIMAT PENUTUP 🔖

Mari kita niatkan mimpi-mimpi kita untuk studi di LN dengan beasiswa LPDP semata-mata untuk menimba ilmu. Persiapkan segala sesuatunya sekarang juga, mumpung kita masih muda. Mari sama-sama berjanji untuk memajukan republik ini dengan kontribusi nyata kita.



©IYOIN LC Tangerang

Your Opportunity is Your Future

Media Informasi IYOIN National:






SHARE AND SYNERGIZE

0 komentar:

Posting Komentar