WHAT'S NEW?
Loading...

J-Music : Aqua Timez (Perkenalan Pertama)

Source: Tokyo Hive

Okay, kali ini saya akan membahas tentang band favorit saya asal Negeri Sakura, Aqua Timez. Well, bisa dibilang saya hendak membahas tentang Aqua Timez karena akhir tahun nanti band ini akan segera bubar.

Khusus pada post kali ini, saya akan berbagi sedikit kisah tentang bagaimana saya akhirnya menyukai band ini.

Pertama kali saya mengenal musik mereka adalah saat saya masih seorang siswi Sekolah Menengah Pertama, sekitar akhir tahun 2006. Yup, thanks to Bleach Movie Animation: Memory of Nobody, yang membuat saya jatuh hati pada Sen No Yoru wo Koete, sehingga saya kemudian mendeklarasikan diri menjadi AquaFanz. Sejak saat itu saya sering kali mencari tahu berita dan juga lagu lain Aqua Timez. Yah, bisa dikatakan bahwa Aqua Timez adalah satu-satunya band yang membuat saya sangat excited dengan setiap perkembangan musik mereka.

Nah, di sisi lain, sejak mendengarkan Sen No Yoru wo Koete, saya jadi semakin menyukai anime Bleach. Meskipun bukan salah satu anime favorit saya sejauh ini, tapi kehadiran Bleach memiliki kesan tersendiri yang sulit saya lupakan. Terlebih lagi setelah Bleach menggunakan beberapa lagu Aqua Timez lainnya sebagai soundtrack seperti Alone dan Velonica

Sejujurnya kabar bubarnya Aqua Timez sangat mengejutkan bagi saya, terutama karena setelah 2 tahun terakhir saya tidak update informasi tentang musik maupun aktivitas band ini. Kemudian diakhir bulan April setelah mendengar lagu Present yang merupakan lagu favorit saya dari Album Kaze wo Atsumete, saya mulai lagi mencari berita tentang Aqua Timez dan akhirnya mengetahui keputusan final para member untuk bubar dan rencana tour yang akan berakhir di bulan Sepetember nanti.

Tour yang diberi title Present is a Present Tour ini menjadi salah satu kabar buruk yang saya terima di tahun ini. 

But I'm sure that Aqua TImez will always have a special place in my heart, that I won't forget their music so easily.

___________________________________________________________________________________

Source: Neo Tokyo

Aqua Timez adalah band rock yang dibentuk pada tahun 2003, dengan beranggotakan Futoshi (Vocal), OKP-Star (Bassist), Daisuke (Guitarist), Mayuko (Keyboardist), dan TASSHI (Drummer)

Album pertama mereka Kanashimi no Hateni Tomoru Hikari direkam sendiri pada tahun 2004 sebelum mereka melakukan pertunjukan di jalanan Shibuya

Selanjutnya pada Agustus 2005, Aqua Timez merilis album Sora Ippai ni Kanaderu Inori, dengan label indie. Salah satu track-nya yang berjudul Toushindai Love Song, menjadi lagu yang paling sering ditanyakan oleh pendengar radio kabel USEN. Tidak hanya itu, lagu Sora Ippai ni Kanaderu Inori sendiri masuk dalam 10 lagu tertaras Oricon Chart pada Januari 2006 hingga menempati posisi teratas (1) Oricon Chart pada bulan Februari 2006.

Selanjutnya single mereka Ketsui no Asa ni menjadi soundtrack dari anime Brave Story, di susul dengan single Sen No Yoru wo Koete yang menjadi soundtrack Bleach Movie: Memory of Nobody. Single ini kemudian menjadi hit dan membantu mereka menarik banyak perhatian saat album original pertama mereka, Kaze wo Atsumete [2006] dan album kedua, Dareka no Chijou e [2007]

Single mereka yang berjudul Niji, kemudian menjadi theme song dorama populer Gokusen, setelah rilis di tahun 2008, dan meraih penjualan hingga 2,5 juta unit baik dalam bentuk album fisik dan digital. 

Pada perayaan anniversary mereka yang ke-5, dirilis-lah album The BEST of Aqua Timez kemudian sukses menduduki puncak Oricon Chart sehingga Aqua Timez ebrhasil memecahkan rekor, dimana album indie dan album dari label major-nya sama-sama berhasil menduduki peringkat pertama pada Oricon Chart

Konser yan mereka adakan di tahun 2011 pun menjadi salah satu kesusksesan mereka, dimana pada akhir tour yang diadakan di Nippon Budokan, mereka tampil dihadapan lebih dari 8.000 penonton.

Aqua Timez juga aktif dalm kampanye amal untuk rekonstruksi distrik Tohoku, di Prefektur Fukushima yang mengalami kerusakan berat paska gempa besar di bagian timur Jepang. OKP-STar dan Daisuke yang berasal dari Tohoku mendorong banyak orang untuk mengunjungi dan melakukan pertunjukan musik di sekolah-sekolah.

Pada tahun 2012 mereka merilis album single ke-14, Mask yang menjadi soundtrack untuk serial animasi Bleach. Aqua Timez juga ikut berpartisipasi pada Festival Kebudayaan terbesar di Asia "Asia Song Festival 2012" yang berlangsung di Korea pada bulan Agustus dan tampil dihadapan lebih dari 40.000 penonton.

Kemudian mereka merilis songle ke-15, Tsubomi yang menjadi Theme Song dorama Ghost Mama Sosasen. Menyusul album ke-5 mereka, Because You are You pada musim panas 2012.

 Aqua Timez telah memeberikan warna tersendiri pada dunia musik Jepang, dengan emosi kuat dalam setiap liriknya, tak hanya tentang cinta, gairah dan harapan, namun juga kesedihan dan kesepian.

0 komentar:

Posting Komentar